KKN PPM UGM 2021 Tawarkan Keripik Singkong dari UMKM Kalurahan Nglegi Pemasaran dengan Daring
Daniel 12 Agustus 2021 15:07:54 WIB
SIDA_Nglegi. Trukan merupakan sebuah Padukuhan yang terletak di Dusun Nglegi, Patuk, Gunungkidul. Padukuhan ini memiliki potensi yang sangat besar dalam mengembangkan produk lokal yang dapat dipasarkan secara luas. Salah satu ide pengembangan produk lokal yang ditawarkan oleh Mahasiswa KKN PPM UGM 2021 yaitu dengan membuat keripik singkong berlevel yang sederhana, tetapi dengan proses pemasaran yang baik dan pengemasan yang rapi, produk ini dapat dipasarkan melalui platform e-commerce.
Ide ini direalisasikan untuk meningkatkan kualitas Pasar Nglegi dengan melakukan beberapa program. Program yang pertama yaitu dengan ide bisnis membuat keripik singkong pedas berlevel. Salah satu potensi dari hasil tani masyarakat Padukuhan Trukan yaitu singkong. Jenis umbi-umbian yang satu ini memiliki banyak sekali varian olahan khasnya di Gunungkidul, mulai dari gaplek, tape, hingga keripik singkong. Salah satu inovasi olahan singkong yang cukup hype dan bisa menjadi ide bisnis masyarakat Dukuh Trukan adalah keripik singkong pedas berlevel. Pemanfaatan hasil tani singkong masyarakat Padukuhan Trukan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya ibu-ibu rumah tangga.
Cara membuatnya pun sangat mudah, sama seperti membuat keripik singkong biasa, namun sebelum dikemas bisa ditambahkan dulu bubuk cabai sesuai dengan level kepedasannya, misalnya level 1 menggunakan 1 sendok bubuk cabai, level 2 menggunakan 2 sendok bubuk cabai, dan seterusnya. Selain pembuatannya mudah dan dengan modal yang murah, ide bisnis keripik singkong ini juga tetap otentik dengan ciri khas 'Singkong Gunungkidul'-nya, sehingga dapat sedikit meningkatkan nilai jual dan meraup untung yang cukup besar. Untuk video pembuatan selengkapnya dapat dilihat di link dibawah.
Program yang kedua berkaitan dengan pentingnya packaging pada suatu produk. Jika produk sudah ada, hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk dipikirkan adalah packaging atau kemasan produk tersebut. Packaging yang baik, selain dapat melindungi produk dengan baik, tentu saja diharapkan memiliki elemen-elemen lain yang dapat membantu pemasaran produk tersebut. Elemen tersebut salah satunya yaitu informasi produk. Packaging yang mencantumkan informasi produk seperti komposisi bahan, tanggal kadaluarsa, informasi gizi dan sebagainya, tentu akan lebih menarik pembeli. Hal ini dikarenakan pembeli akan merasa lebih aman dengan membeli produk yang informasinya sudah jelas dibandingkan produk yang tidak mencantumkan informasi apapun. Selain informasi produk, masih banyak lagi elemen-elemen penting dalam suatu packaging. Oleh karena itu, perlu dilakukan edukasi berkaitan dengan pentingnya packaging pada suatu produk agar masyarakat dapat memasarkan produknya dengan lebih efektif.
Setelah keripik tersebut dibuat dan dikemas, program selanjutnya yang ditawarkan berupa strategi persuasi dalam rangka meningkatkan penjualan produk. Pengembangan produk-produk desa sangat diperlukan bagi masyarakat dengan tujuan meningkatkan daya jual yang menguntungkan. Produk desa dapat mewujudkan penguatan perekonomian daerah agar tidak terjadi resesi. Salah satu cara agar orang lain tertarik membeli suatu produk adalah dengan menggunakan strategi persuasi. Strategi persuasi yang dimaksud adalah bagaimana kita dapat menyampaikan pesan kepada orang lain dengan membujuk, mempengaruhi, merubah sikap, pola pikir, dan perilaku. Selain itu juga, kita dapat melakukan pengembangan produk agar dapat bersaing di pasar. Bagaimana kita mampu menciptakan produk kita dengan kekhasan atau keunikan tersendiri, seperti yang sudah dijelaskan diatas yaitu keripik singkong dengan inovasi pedas berlevel. Kita juga harus mampu menganalisis bagaimana perilaku konsumen, minat dan kecenderungan konsumen, mengatur strategi pengembangan bisnis, dan terus berinovasi. Melakukan berbagai penawaran atau promo menarik dapat membangkitkan rasa penasaran dan keinginan konsumen untuk dapat membeli produk kita, misalnya mengadakan promo pada tanggal-tanggal penting, voucher gratis, giveaway, dan lain sebagainya.
Selain strategi persuasi, untung meningkatkan penjualan pada produk pangan lokal, di kondisi sekarang dimana kita sedang mengalami pandemi covid-19, kita juga harus mencoba strategi-strategi promosi lain seperti promosi melalui media digital. Program selanjutnya yang ditawarkan berupa promosi melalui media, yang tentunya akan menjangkau pasar yang lebih luas lagi, sehingga diharapkan masyarakat bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui penjualan kripik ini.
Sebagai program terakhir, produk yang sudah dibuat dan dikemas tersebut bisa langsung dipasarkan melalui e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee. Caranya sendiri sangat mudah, sebelum mulai menjual, perlu disiapkan beberapa hal yaitu nama dan identitas toko seperti foto, alamat, serta barang yang akan dijual, berupa foto, deskripsi, harga, ketersediaan, dll. Apabila semuanya sudah siap, penjual hanya perlu mendownload aplikasinya, membuat akun baru, membuka toko baru, mengisi survey singkat, memasukkan alamat toko, dan terakhir menambahkan produk baru. Dengan dipasarkannya produk ini di platform e-commerce, diharapkan penjualannya dapat menjangkau seluruh Indonesia, menjadi produk identitas Dukuh Trukan dan semakin meningkatkan keuntungan dari pemasaran produk.
Dengan adanya program sekaligus inovasi ini, diharapkan produk UMKM di Desa Nglegi, khususnya di padukuhan Trukan bisa semakin berkembang dan bermanfaat untuk masyarakat lokal sendiri.
Untuk akses ke file berupa video, presentasi, dan poster yang telah dibuat bisa diakses disini
Formulir Penulisan Komentar
Pencarian
Komentar Terkini
Statistik Kunjungan
Hari ini | |
Kemarin | |
Pengunjung |
- Kalurahan Nglegi Juara 1 Lomba Jambore Kader Kesehatan Kabupaten 2024
- APEL PAGI, SETIAP HARI SENIN DI PEMERINTAH KALURAHAN NGLEGI
- Pemerintah Kalurahan Nglegi Salurkan BLT_DD Bulan September 2024
- LOGO HUT KABUPATEN GUNUNGKIDUL KE 194
- PUNCAK PORDUK KALURAHAN NGLEGI TAHUN 2024 LUAR BIASA
- Penyaluran BLT-DD Bulan Agustus Kalurahan Nglegi Tahun 2024
- Sarasehan SiBakul di Kalurahan Nglegi
Data Kebudayaan Desa Nglegi
1. Rosulan, Nyadran, dan Ritus Pangan | |||
NO |
NAMA KEGIATAN
|
WAKTU PELAKSANAAN |
KET |
1 | Rasul Desa Nglegi | Senin, 19 Agustus 2019 | - |
Radio Persatuan Nglegi (PERSEGI)
Aparatur Pemerintah Desa Nglegi
PERANGKAT DESA NGLEGI | ||
NO |
NAMA
|
JABATAN |
1 | WASDIYANTA | Lurah |
2 | KUNCORO KRESNO, S.Kom | Carik |
3 | SURADI | Jogoboyo |
4 | SUROYO, S.Sos.I | Kamituwa |
5 | SUDIYONO | Ulu - Ulu |
6 | ANA RACHMATUN | Danarto |
7 | TRI MULYANI, A.Md | Pangripto |
8 | RADIYO | Tata Laksana |
9 | KARNOTO | Staf |
10 | CIPTO YUWONO, S.IP | Staf |
11 | SUPARTONO | Staf |
12 | NUR SHOLIKIN | Staf |
13 | AYUS GUNTORO | Dukuh Klepu |
14 | TRI SUHARTANTA | Dukuh Trukan |
15 | SUGIMAN | Dukuh Nglegi |
16 | TRI KARYADI | Dukuh Nglampar |
17 | TUKARJO | Dukuh Kembang |
18 | WARTONO | Dukuh Gedoro |
19 | SUHARJONO | Dukuh Padangan |
20 | MURYANTO | Dukuh Glagah |
21 | DEWI LESTARI | Dukuh Karang |